Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

HOT:

latest

Awas Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat

Bagi mereka yang terbiasa merawat kendaraannya, service rutin dan memperhatikan kualitas bahan bakarnya tentu tidak perlu kuatir akan kondisi prima kendaraannnya. Namun bagaimana nasib kendaraan jika si empunya hanya bisa memaka…


Bagi mereka yang terbiasa merawat kendaraannya, service rutin dan memperhatikan kualitas bahan bakarnya tentu tidak perlu kuatir akan kondisi prima kendaraannnya. Namun bagaimana nasib kendaraan jika si empunya hanya bisa memakai tapi tidak bisa merawatnya? Pun hal sepele seperti untuk mengisi bensin saja suka malas ke spbu, akibatnya tangki seringkali tidak terisi penuh dan salahsatu akibatnya paling apes mogok di jalan karena kehabisan bensin.

Dan mitos kabar tentang tangki yang seringkali tidak penuh membuat lapisan dinding tangki dalam jadi berkarat beredar dimasyarakat sejak lama.

Beberapa pendapat mengatakan tidak ada efeknya asalkan kualitas bensinnya selalu yang terbaik, rajin perawatan dan sekala tertentu melakukan 'gurah' tangki. Tapi pendapat lain mengatakan efeknya memang membuat lapisan dinding tangki menjadi berkarat dan lebih buruk tangki ikut keropos sangat berbahaya jika terkena percikan api.

Lalu pertanyaannya adalah mana benar atau sekedar mitos? Sebelum menjelaskan kondisi yang sebenarnya maka saya coba menganalisa pendapat pertama yang mengatakan bahwa tangki bensin seringkali kosong atau terisi setengah tidak membuat berkarat kemungkinan mereka memang keburu menjual kendaraannya sebelum karat 'kronis' itu terjadi, jadi mereka belum merasakan efek negatifnya, atau justeru memang mereka tidak menyadari akan hal ini, alias belum ketemu apesnya.

Kemudian saya coba menelusuri beberapa informasi melalui internet dan ketemu jawaban yang cukup melegakan dan mencerahkan, informasi ini saya dapat dari salah satu petinggi roda dua di negeri ini. Yakni, memang benar efek negatifnya membuat berkarat, ini bukan mitos tapi FAKTA. Tetapi dampak yang dirasakan bukan dalam jangka pendek tapi jangka panjangnya membuat lapisan dinding tangki lebih cepat berkarat. Kerugian lain yang di dapat adalah akibat tangki sering kosong maka akan ada udara terjebak yang kelamaan lembab dan menjadi air dan kemudian bercampur dengan bensin, serbuk karat halus yang rontok lama-lama akan terkumpul di bagian filter bensin dan akibatnya asupan bensin tidak merata atau tidak lancar maka motor jadi 'mbrebet'. Kalau dibiarkan semakin lama efek negatif lainnya tangki menjadi keropos dan rawan percikan api

kutipan ;
"Ya, enggak hanya bikin bensin menguap, tangki yang kosong juga bisa menimbulkan embun. Akhirnya tangki jadi berisi air dan bikin karat," 
ujar Yunus Ikhwan, Service Advisor AH*SS H*onda PT CPJ, Pancoran Mas, Depok.

Namun jika kita sudah menyadari kerugian ini dan melihat kondisi tangki sudah terlanjur berkarat kronis maka jalan satu-satunya harus mengganti tangki yang baru, harganyapun bisa mencapai jutaan tergantung tipe motornya.

Maka solusi paling aman menurutnya adalah memang tidak harus selalu diisi penuh (kecuali kalau sultan, hehe), yang terpenting tidak terlalu lama dibiarkan kosong, jangan juga terlalu penuh berlebihan, dan perawatan berkala sangat penting guna menunjang performa kendaraan agar selalu prima.

sumber

Tidak ada komentar