Page Nav

HIDE

Post/Page

Weather Location

HOT:

latest

RAM & ROM HP : Fungsi dan Perbedaan

Ketika kamu ingin membeli sebuah smartphone, salah satu hal pertama yang pastinya kamu lihat adalah besar kapasitas dari RAM dan ROM. “Mas, ini RAM sama ROM nya berapa ya?” “Kak, ini kuat ga buat PUBG sama game-game MOBA?”.

Bebe…


Ketika kamu ingin membeli sebuah smartphone, salah satu hal pertama yang pastinya kamu lihat adalah besar kapasitas dari RAM dan ROM. “Mas, ini RAM sama ROM nya berapa ya?” “Kak, ini kuat ga buat PUBG sama game-game MOBA?”.

Beberapa pertanyaan tersebut lumrah ditanyakan ketika ingin membeli smartphone. Namun terlebih dahulu kamu harus tahu apa kebutuhanmu dan apakah smartphone tersebut mendukung untuk kebutuhanmu. Yuk, mari kita bedah sedikit mengenai RAM dan ROM pada smartphone.

RAM atau Random Access Memory merupakan memori yang menyediakan ruang untuk memproses aplikasi yang sedang berjalan, baik satu atau ketika sedang multi-tasking bersamaan dengan aplikasi lainnya. Misalnya ketika kamu sedang membuka Instagram, namun juga sambal mencatat di note, membalas beberapa chat di Whatsapp, dan juga sambil mendengarkan musik di Spotify. RAM inilah yang memproses semua aplikasi yang sedang kamu akses. Semakin banyak atau semakin besar ukuran aplikasi yang diproses, maka semakin banyak akan memakan ruang pada RAM. Memori yang disimpan pada RAM bersifat sementara, seperti beberapa perintah dalam memproses aplikasi ketika berjalan.

Sedangkan ROM atau Read Only Memory merupakan memori yang fungsinya menyimpan data settingan pabrik dan sifatnya sesuai dengan namanya, Fungsi utama dari ROM sendiri ialah sebagai media untuk menyimpan data - data internal untuk menaruh sistem operasi serta seluruh sistem yang ada di dalamnya. Ketika kamu menyimpan foto, musik, dokumen, video, dan file lainnya, akan dialokasikan ke ROM untuk penyimpanannya.

Penggunaan RAM dan ROM

Nah, sekarang kamu bisa bayangkan seberapa besar RAM yang kamu butuhkan? Bila kamu termasuk orang yang menggunakan smartphone dalam skala yang biasa saja, seperti lebih sering menggunakan untuk chat, internet, dan lainnya, untuk penggunaan RAM/ROM dengan kapasitas 3GB/32GB sudah bisa mencukupi kebutuhanm tanpa ada lag atau bug sekalipun.

Untuk kamu yang sibuk, sering multi-tasking untuk media sosial, mengerjakan dokumen dan mengirim email sambil mendengarkan musik, atau untuk kamu yang suka gaming, kamu bisa menggunakan smartphone dengan perbandingan RAM/ROM 4GB / 64GB hingga 128GB. Karena selain membutuhkan kapasitas yang besar untuk file dan data game kamu, atau untuk dokumen dalam jumlah yang banyak, kapasitas RAM yang mumpuni juga dibutuhkan agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Kira-kira bagaimana nih sudah bisa kah kamu sekarang untuk menentukan smartphone pilihanmu?

sumber

Tidak ada komentar