Tips Pasang CCTV Murah Terbaik & Berkualitas

  1. Tekno
  2. seminggu yang lalu
  3. 4 min read

tips-pasang-cctv-murah-terbaik

Tips Pasang CCTV Murah Terbaik & Berkualitas

Untuk memasang CCTV Murah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terutama terkait sistem penyimpanan yang dibutuhkan. Berikut adalah dua opsi utama yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

1. Penyimpanan Tertanam di CCTV

Pilihan ini cenderung lebih murah karena sistem penyimpanan langsung tertanam di dalam CCTV itu sendiri. Beberapa merek yang bisa direkomendasikan adalah:

  • Yoosee
  • Bardi
  • Xiaomi
  • Produk lain yang mendukung aplikasi SmartLife Untuk yoosee jika cctv outdoor saya sarankan yang ini :

cctv-outdoor-murah-terbaik

Klik pada gambar diaats untuk cek produk di Shopee.

Kalau outdoor saya sarankan pakao yoosee ini bagus ada fitur suara anjing menggong-gong, suara sirine, dan bisa buat suara apapun yg ktia rekam. indoor nya untuk produk yoose ada juga yg murah yaitu :

cctv-outdoor-murah-terbaik

Klik pada gambar diaats untuk cek produk di Shopee.

Sistem ini ideal untuk kebutuhan sederhana dengan anggaran terbatas. Anda bisa memantau CCTV langsung dari aplikasi tanpa perlu perangkat tambahan seperti NVR (Network Video Recorder). Anda hanya perlu menambahkan memory card saja yang biasanya dijual bersama dengan cctv tersebut. untuk pilihan besaran memory nya tergantung kebutuhan dan dana saja.

Kelebihan sistem ini adalah harga nya murah dan simpel, tapi kekurangannya jika cctv di ambil oleh maling ya rekaman nya juga hilang. Cara pasang nya juga sangat mudah tinggal beli dan pasang saja hanya butuh pairing dari cctv ke hp saja dengan jaringan wifi yang sama. jadi ini butuh wifi ya untuk pertama menghubungkan ke internet, jika tidak butuh kontrol jarak jauh ya tidak perlu wifi internet terus menerus.

2. Penyimpanan Terpisah dari CCTV

Sistem penyimpanan ini lebih fleksibel dan terbagi menjadi dua jenis, yaitu sistem yang bisa Anda atur sendiri atau yang sudah dibeli jadi dengan hardware bawaan.

a. Sistem yang Bisa Dikelola Sendiri

Anda dapat menggunakan perangkat lunak penyimpanan terpisah baik yang open-source maupun berbayar:

  • Berbayar: Blue Iris
  • Open-source: AgentDVR

Kedua software ini memungkinkan Anda untuk menambah jumlah channel CCTV sesuai kebutuhan, asalkan perangkat keras Anda cukup kuat untuk mendukungnya. Saya pernah menggunakan Blue Iris dan AgentDVR, dan keduanya bagus, namun dari segi efisiensi penggunaan sumber daya, AgentDVR lebih unggul karena dapat diinstal di sistem operasi Ubuntu atau linux. untuk tutorial ini akan kami publish jika sudah ada yang menanyakan nya, silahkan hubungi kami di halaman kontak.

b. Sistem Beli Jadi dengan Hardware Bawaan

Jika Anda menginginkan solusi yang lebih sederhana dan praktis, Anda bisa membeli sistem CCTV dengan hardware bawaan seperti:

  • Dahua
  • Merek China lainnya yang lebih murah

Namun, sistem ini biasanya memiliki keterbatasan dalam jumlah channel CCTV yang didukung, tergantung pada spesifikasi perangkat kerasnya. misal anda beli yang 4 channel ya anda hanya bisa memasang cctv 4 mata saja, untuk menambahnya anda harus beli lagi DVR/NVR nya. Namun sistem ini yang paling stabil, karena memang sudah barang jadi dari pabrikan jadi sudah di test dan eror sedemikian rupa, kita tinggal pakai saja.

Kelebihan sistem penyimpanan terpisah ini akan lebih aman, jika cctv di rusak atau di ambil maling, rekaman akan tetap di simpan dengan aman, karena letak dari penyimpanan ini bisa kita sembunyikan dimana saja, bahkan bisa kita taruh di beda lokasi dengan memanfaatkan sistem jaringan internet.

Kesimpulan

Memilih sistem CCTV terbaik tergantung pada kebutuhan Anda, baik itu sistem dengan penyimpanan tertanam atau terpisah. Jika Anda mencari solusi yang lebih hemat namun tetap berkualitas, produk-produk seperti Yoosee atau Bardi bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk kebutuhan yang lebih besar dengan banyak channel, mempertimbangkan sistem penyimpanan terpisah seperti AgentDVR atau Blue Iris mungkin lebih cocok. Namun akan lebih bagus lagi jika kita buat sendiri sistem nya karena skarang sangat mudah untuk membuatnya.


Update setelah pemakaian cctv yoosee beberapa tahun : memang dari awal pakai cctv yoosee ini mode onvif atau dvr nya sering gonta ganti ip, dan jika kita ganti frequensi wifi juga sering susah konek jadi saangat merepotkan sekali. apalagi yoosee yang tipe outdoor yg model kotak panjang (bukan yang bulat) di mode onvif hasil gambar nya glitch atau pecah-pecah namun akan normal jika pakai modem wifi yang bagus atau pakai kabel, nah wifi yg bagus nya ini kalau pakai asus atau huawei itu tidak glitch tapi kalau pakai tplink wah jadi glitch. saran saya gunakan merk bardi, tapi ya memang harga nya 2x lipat dari yoosee tapi untuk fitur onvif sangat bagus dan rekomended. tapu yoosee jika di pakai mode normal ya bagus-bagus saja karena kita tidak butuh ip local nya.

CCTV keamanan tips CCTV pasang CCTV